Home > Perjalanan > Berkunjung ke Kota Pontianak

Berkunjung ke Kota Pontianak

Bismillah,

tertanggal 8 februari 2013 aku akan terbang ke kota Pontianak dalam rangka tugas🙂. ketika itu tiket berangkat jam 18.00 eh diberi tahu berangkat diundur jam 20.00.
krn mungkin bertepatan dengan Imlek pada tanggal 10 februari 2013, jd jadwal sangat padat, dan ketika aku di dalam pesawat pun seperti penyelundup. yang penuh dengan orang tionghoa🙂.

sesampai dikota pontianak sekitar pukul 22.30, dan aku langsung menuju ke hotel di antar oleh PIC dari kantor pontianak. waktu itu aku menginap di hotel Kapuas. kalo dilihat dari ikon kota, kota pontianak terkenal dengan nama borneo dan juga terkenal dengan ikon garis katulistiwa.

Loby Hote Kapuas

Loby Hotel Kapuas

dari sumber wikipedia.org menyebutkan “Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan”.

karena aku datang di pontianak pada tanggal 8-9 februari maka tidak bisa menemui peristiwa titik kulminasi dimana bayangan kita akan hilang sejajar matahari diatas kita.

Gedung Museum Khatulistiwa

Narsis didalam titik khatulistiwa buatan belanda

Narsis didalam titik khatulistiwa yg “Asli”

dari penerawangan saya berada ditengah kota, kota pontianak ini lumayan bersih dan teratur, suasana sepi dan tidak macet. setelah pekerjaan selesai saya mencoba makanan ikan pontianak, tempat nongkrong ngopi dan gorengan pisang. suasana malam memang hidup.

pada pukul 8 pagi saya juga berkesempatan berkunjung ke rumah kakak saya, yg kebetulan bekerja di pontianak sebagai guru, dan alhamdulillah bs silaturrahmi. dan aku kembali lagi ke hotel jam 10an, lalu jam 10.30 cek-out hotel tertanggal 9 feb 13 bersiap berkunjung juga ke titik 0 khatulistiwa. hehe😀

Hasil pengukuran oleh tim BPPT, menunjukkan, posisi tepat Tugu Khatulistiwa saat ini berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara; dan, 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur

Sementara, posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik ternyata melewati taman atau tepatnya 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari arah tugu saat ini. Di tempat itulah kini dibangun patok baru yang masih terbuat dari pipa PVC dan belahan garis barat-timur ditandai dengan tali rafia.

IMG_20130209_120249_resize

posisi 0 derajat, 0 menit dan 0 detik
seperti pada gambar tengah segi 8 diatas

Alhamdulillah bisa menikmati jalan-jalan ke kota Pontianak🙂