Home > Perjalanan > Train Lintas Jakarta-Cimahi-Bandung–Blitar–Jombang-Jakarta

Train Lintas Jakarta-Cimahi-Bandung–Blitar–Jombang-Jakarta

Bismillah,

Tugu Monas dilihat dari Argo Parahyangan di Stasiun Gambir

Tugu Monas dilihat dari Argo Parahyangan di Stasiun Gambir

Pagi itu tertanggal 14 Februari 2013, mataku masih sayup2 memerah karena hanya tidur sejam saja. Karena tahu kenapa, semalam begadang gerilya nyari tiket promo KAI valen”train”

Setelah sholat subuh berjamaah aku pun bergegas dengan bekal dan baju seadanya. Berangkat menuju Stasiun Gambir untuk pergi ke Cimahi dalam rangka tugas kantor. aku berangkat sekitar pukul 5.00 dengan berangkat dr Sentiong naik angkot 01 turun belakang hotel Borobudur lalu jalan kaki menuju stasiun gambir lewat samping hotel borobudur dan kemenlu. Sesampai digambir sekitar jam 05.35 langsung beli go show tiket KA Parahyangan Gambir-Bandung turun cimahi dengan harga 80rb, harga normal 60rb, biasaaaa tiket dadakan lebih mahal daripada beli jauh2 hari,padahal pada malam harinya pas obral promo masih ada tuh tiket 20rb, yaa karena datang digambir mepet dengan jadwal kereta pukul 05.55 alhasil sudah habis deh tiket promonya😀.

Tiket KA Argo Parahyangan Gambir-Cimahi

Tiket KA Argo Parahyangan Gambir-Cimahi

KA 20 Argo Parahyangan pun berangkat tepat waktu, pada gerbong 4 kursi 11A yg saya tempati tidak penuh. Krn semalam bergadang aku pun mencoba tidur didalam perjalanan, karena khawatir nanti kelelahan dan mengantuk ketika mengerjakan pekerjaan di kantor cimahi. Perjalanan lancar, dan kereta berhenti di stasiun purwakarta dan langsung menuju cimahi. Sampai di cimahi pukul 08.45 lalu aku turun dan mencoba mengontak teman timku yang berangkat naik mobil sendiri. Eh tak tahunya dia masih ke bengkel, haduuh cape dehhh tau gini berangkat dengan kereta siang aja😀. nasi sdh menjadi bubur, dan bagaimana menjadikan bubur itu menjadi nikmat. Hmm, kemudian aku menikmati suasana sekitar stasiun cimahi sekaligus mencari sarapan sambil menghabiskan waktu hehe, sekitar akan dhuhur kemudian aku naik angkot menuju alun-alun kota cimahi yang didepannya Masjid Agung Cimahi, Alhamdulillah sholat dhuhur dulu, sambil istirahat bentar dan nunggu kabar temen timku. Sekitar pukul 14.30 dia sudah sampai di kantor BDK Cimahi, sekitar 4 km dr kota cimahi lalu aku naik angkot jurusan cimahi-padalarang karena tepatnya BDK cimahi itu di Gadobangkong. Sesampai disana langsung dikerjakan tugas2 yg ada, dan pada malam harinya menginap di Hotel Tapos Galeria Pasteur Bandung.

gadobangkong_resize

Tiket Lokal Gadobangkong-Bandung

Jadwal Tiket Lokal nyepur.com

Jadwal Tiket Lokal nyepur.com

Hari Jumat 15 Feb 2013 kembali lagi untuk menyelesaikan pekerjaan dan laporan, saya kebut karena rencana aku akan melanjutkan naik kereta ke Blitar naik dari stasiun Bandung. Alhamdulillah sebelum sholat jumat semua sudah selesai. Sekitar jam 13.30 aku berpamitan untuk pulang, dan langsung jalan kaki menuju stasiun kecil Gadobangkong. Kereta lokal ada pukul 13.51 menuju cicalengka, jadwal saya lihat di website nyepur.com, akan tetapi aku turun di stasiun besar Bandung, ongkos KA lokal 1500 saja😀. sampai diStasiun Bandung sekitar jam 14.30 langsung menuju loket kereta jarak jauh dan beli tiket KA 90 Malabar Bandung – Blitar dengan Tarif 220rb kelas Bisnis karena beli dadakan, normal 180rb😀. tertera ditiket pukul 15.30 akan tetapi kenyataannya kereta baru berangkat pukul 15.50, wew sekelas stasiun besar Bandung aja tidak disiplin, fyuh jd gak begitu berharap sesampi di stasiun akhir tepat waktu broooo.

Stasiun Besar Bandung

Stasiun Besar Bandung

Tiket Malabar Bandung-Blitar

Tiket Malabar Bandung-Blitar

Interior Malabar Bisnis AC

Interior Malabar Bisnis AC

interior KA bisnis dan ekonomi saya pantau sudah running full AC semua. Stasiun pemberhentian Kiaracondong, Cibatu, Ciawi, pemandangan antara stasiun cibatu ke ciawi inilah luarbiasa indah, meliuk-liuk melewati pegunungan dan lembah, #Subhanlloh, dan melewati stasiun lebak jero yg terkenal eksotis untuk ambil foto para Railfans, kemudian stasiun berikutnya Tasikmalaya, Banjar, Kroya, dan seterusnya sesampai di Stasiun Tugu Yogyakarta sekitar pukul 01.05, terlambat hampir sejam. Kereta lanjut lagi stasiun solo – madiun – nganjuk – kertosono – Kediri dan aku turun di stasiun tulungagung, kenapa tidak turun blitar?? Krn lbh cepet saja jika sama2 naik angkot drpd turun blitar. sampai St tulungagun sekitar jam 06.00 berjalan di belakang KA Majapahit, jd urutannya Matarmaja, Majapahit, Malabar, lalu Gajayana. Karena ketika naik angkot, aku berpapasan dengan Gajayana dibelakang Malabar masuk di stasiun tulungagung, angkotku ELF tulungagung-srengat dengan ongkos 6rb. Alhamdulillah sesampai di srengat sekitar pukul 06.35 tepatnya tertanggal 16 Feb 2013. Bertemu keluarga alangkah sangat bermaknanya waktu jika bs merasakan berkumpul dengan keluarga🙂.

Tiket Jombang-Pasar Senen

Tiket Jombang-Pasar Senen

Untuk keesokan harinya tertanggal 17 Feb 2013, sekitar pukul 12.15 aku berangkat balik lagi ke Jakarta, perjalanan dengan KA 115 Gaya Baru Malam Selatan dari Jombang menuju Jakarta, jadi aku harus menuju Jombang dahulu dengan angukutan Bus, kereta dari jombang jadwal pukul 15.05. aku menunggu Bus Patas Rukun Jaya Blitar-Pare-Jombang-Surabaya, tetapi aku Turun Jombang dengan ongkos 20rb. Sesampai di stasiun jombang sekitar jam 14.45. KA GBMS datang telat 10 menitan kalo tidak salah, ketika masuk semua kereta sudah full AC.

Interior KA GBMS full AC tarif murah

Interior KA GBMS full AC tarif murah 33500

Tetapi tiket belum naik dan masih tarif flat dengan harga ekonomis 33500. Kereta GBMS 115 berhenti di stasiun kertosono-nganjuk-caruban-madiun-paron-walikukun-solojebres-purwoasri-klaten-lempuyangan-kutoarjo-kebumen-purwokerto dan seterusnya sampai di Cirebon Prujakan sekitar pukul 03.30,tentunya disalip sama Bima,sembrani di Cirebon.kemudian jalan lagi dibelakang KA sembrani lalu berhenti normal di stasiun Pegaden Baru Kabupaten Subang sekitar jam 05.00 dan masuk cikampek sekitar 05.30an. masuk bekasi sekitar pukul 06.30 dan tentunya masuk jatinegara sekitar pukul 06.50an. dan Alhamdulillah sudah sampai dijakarta lagi dan tidak terlambat tertanggal 18 Feb 2013.

Alhamdulillah selalu dlm perlindunganNya disetiap perjalanan dan langkahku.

Satria Kelana,
Jakarta 20 maret 2013.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: