Home > Perjalanan > Pertamax naik KA Ekonomi 117 “Brantas”

Pertamax naik KA Ekonomi 117 “Brantas”

Bismillah

Pada liburan hari idul adha kemarin sdh sejak jauh2 hari sudah beli tiket murah ekonomi Brantas, Kediri – Jakarta Tanah Abang PP. Awalnya mencoba berangkat dr Madiun, dengan tiket Madiun – Jatinegara 40rb, kemudian karena berubah haluan saya merubah pemberangkatan dari Kediri, harga tiket menjadi 45.500. tetapi pada harinya ternyata tetap seperti rencana semula, yaitu berangkat dr Madiun. “tak apalah Cuma beda 5.500 saja :D”

Suasana Terminal Ponorogo

Siang itu tanggal 28 oktober 12 saya berangkat dr Ponorogo, pertama saya mengantar anak dan istri saya naik bus duluan karena  pulang ke blitar dan saya ke jakarta. Dari ponorogo menuju trenggalek naik bus jaya ongkosnya 15rb, kemudian nanti nyambung lagi bus menuju Blitar. Sekitar jam 11 siang sdh naik bus “Jaya”. Lalu saya putus saya juga berangkat ke madiun, karena arus balik dan sangat ramai penumpang, untuk calon penumpang tujuan madiun dilarang naik Bus Besar Jurusan Surabaya. Dan akhirnya saya putuskan naik Bus kecil cendana.

Sekitar jam 11.15 bus berangkat dengan penumpang yg tidak terlalu full, ongkos naik bus cendana Ponorogo-Madiun wajarnya 5rb saja, karena ini tidak wajar dan si kondektur tampang preman dia minta 10rb, “edyaannn haha”. Tp tidak saya kasih segitu, akhirnya saya kasih saja 5rb + uang receh 2rb. Wkkekek. Perjalanan pelan dan sepoi-sepoi😀, hampir sedikit2 mau mogok.. eh sudah masuk madiun bisnya masuk garasi cendana.. “haddeh perasaan jd gak enak neh”. Dan ternyata si sopir dan kondektur naik bus yg parkir digarasi, dan sebagian penumpang termasuk saya dimintai dorong untuk menghidupkan bis. “capek dueh””. Setelah bberpa kali dorong dan akhirnya nyala.. eh semua penumpang disuruh pindah.. “memang terselubung neh bus cendana.. ckckckc”

Panas-panas sumuk-sumuk dan alhamdulillah sampai di terminal Madiun sekitar jam 12.15, kemudian saya cari ojek dengan ongkos 10rb dari terminal menuju stasiun besar Madiun.  Nyampe stasiun jam 12.30, masih ada waktu 2 jam an untuk menunggu kereta Brantas datang ke madiun, krn berangkat dr kediri aja jam 13.00😀. Kemudian saya putuskan untuk jalan2 dulu liat sekitar stasiun madiun karena baru pertama kali ini check-in😀, kemudian cari masjid dan sholat dulu, lalu nyari bakso dan es manis.

KA Ekonomi Brantas *sumber gambar : zalszone.blogspot.com*

Hmm panas-panas seger-seger…, kemudian setelah jam menunjukkan 13.30 saya coba masuk ke peron stasiun dan ternyata boleh. Akhirnya kutunggu keretanya sampai tiba, dan tepat 14.45 kereta Brantas tiba dan berangkat lagi jam 14.55. perjalanan di tempuh dengan lancar sampai di Stasiun SoloJebres sekitar jam 17.00, seharusnya jam 16.36 sdh masuk solojebres dengan hampir sama berangkat dengan kereta bengawan. Kemudian sekitar jam 17.15 kereta berangkat lagi menuju semarang. Sekitar jam 19.45 kereta masuk ke Stasiun Semarang Poncol, kemudian nunggu disusul oleh KA Menoreh jam 20.00, dan kereta berangkat lagi sekitar jam 20.15 terus saya tertidur kemdian bangun sampai di cirebon jam 02.45 di jalur 2, di jalur 6 sdh parkir KA Gajahwong. Kemudian Brantas disuruh Berangkat duluan menuju jakarta. Dan sampai di jatinegara jam 04.40 pagi hari.. alhamdulillah meskipun telat tapi masih pagi😀.

Kemudian saya sholat subuh dulu di mushola stasiun jatinegara, selesai sholat subuh, KA Gajahwong masuk stasiun jatinegara. Kemudian saya ikut KA Gajahwong menuju Pasar Senen😀 hehe.

Alhamdulillah sampai di Kos sekitar jam 05.25.. hmm Perjalanan yang murah meriah dan nyaman, menurut saya keretanya bersih dan tdk yang sperti saya bayangkan, bahwa kereta ekonomi itu jelek dan kotor. Bisa di ulangi lagi Perjalanan dengan KA 117 Brantas ini.😀