Home > Perenungan > Prakom, Jujur, Berkah

Prakom, Jujur, Berkah

Bismillah,

Kehidupan sekarang yang serba berkompetisi, serba instan dan orang beramai-ramai ingi mencapainya. Seperti halnya yang saya alami baru-baru ini, pengajuan menjadi pranata komputer. Yang mana ada beberapa langkah yang harus dibuat, ada kegiatan, ada Surat Tugas resmi.

Dan aku pun mencoba juga untuk hal ini, dan akhirnya terkumpul dengan beberapa poin, ijazah Sarjana sudah bernilai 100, dan untuk Prakom ini batas minimal adalah 100. Sehingga jika yang diajukan hanya ijazah saja itu sdh cukup. Tp ada baiknya kalo ada kegiatan lain maka kita cantumkan di lampiran, lumayan toh akan menambah nilai meskipun sedikit J.

Setelah saya perhatikan ada kelemahan sistem disini, 1. Bisa seorang calon pranata membuat ST sendiri dan minta tanda tangan atasan, 2. Membuat laporan yang tidak pernah dia melakukan kegiatan itu. Dari sini integritas dan kejujuran seorang prakom ditunjukkan, apakah melaporkan dengan konsekuensi nilai kecil tapi jujur sesuai yg dia kerjakan, atau menambah-nambah sedikit dengan laporan yg nyoplok dari kegiatan orang lain dengan nilai tambah tapi tidak jujur. Hmm “astaghfirulloh”

Semua kembali ke calon prakom sendiri. Ini tergantung kuatnya kejujuran dalam diri seseorang, memang mudah melakukan hal-hal kecurangan, tp akan berdampak pada hasil, hasil yang tidak berkah, dan berdampak pula pada tunjangan gaji dari hasil prakom itu pasti tidak berkah.

Dari sini ada yang bisa dijadikan pembelajaran, kalau keberhasilan atau kesuksesan itu tak bisa dicapai tanpa keringat yang menetes dan pengorbanan. Dan Rasulullah saw pun pernah bilang:

“Sesungguhnya di antara dosa-dosa itu, ada yang tidak dapat terhapus dengan puasa dan sholat.” Maka para sahabat pun bertanya: “Apakah yang dapat menghapusnya wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “bersusah payah dalam mencari nafkah.”

Dari sini ayolah kawan, kita bekerja ikhlas, bekerja dengan hati, bekerja dengan jujur. Meskipun susah payah, meskipun pahit lembur tiap hari. Tetapi ketika itu dilakukan dengan hati, dengan ikhlas, di niatkan ibadah. insyaAlloh isi Dunia akan mengikuti kita, keberkahan akan mengikuti kita. Semua rizqi sudah Alloh atur dengan adil. Tunjukkan Integritasmu, Ikhlas pelayananmu, profesional dalam bekerja, sinergi saling membantu tidak saling injak dalam bekerja, dan raih kesempurnaan memperbaiki dari hari ke hari untuk lebih baik.

Satria Kelana,

Jakarta, 24 Oktober 2012. 09:50

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: