Home > Perenungan > Aku vs Hari Baiknya Emak Bapak

Aku vs Hari Baiknya Emak Bapak

Sore itu rabu 13 juni 2012, aku dikabari istriku, bahwasanya orangtuaku menuju ke TKP rumah yg sedang saya bangun. Itu pun kebetulan. Aku yang masih dijakarta dikabari

“Say Ktm bpk ibuk wakt liat rmh,…trus bpk ibuk mnt nyari hari bwt ngedekne. Gmn?”

Dari awal aku sudah merencanakan, tidak akan memilih hari apalagi memakai hitung-hitungan jawa. Jadi sudah tak pastikan bahwa rumahku didirikan langsung saja, tanpa itung2an hari. Aku berfikir semua hari adalah baik.

Yang menjadi sedikit berat adalah ketika aku harus menjelaskan pemahamanku dengan niat bapak emak yang masih mempercayai tradisi jawa.

Rumah Baruku yg Masih dalam Proses Pembangunan

Tentang hari baik yang sepertinya sudah menjadi kepercayaan, baik yang berkenaan dengan memulai usaha, pindah rumah,mendirikan rumah, melaksanakan pernikahan dan sebagainya, semua itu hanyalah tradisi yang kita warisi secara turun-temurun. Meskipun demikian, selama tidak bertentangan dengan akidah, tidak ada salahnya kalau kita menerimanya.

Dan mengenai hari baik tersebut, secara pasti aku  tidak menemukan dasarnya, baik al-Qur’an maupun hadis.

Yang jelas setiap perbuatan atau apasaja yang tidak pernah disinggung oleh al-Qur’an dan hadis, selama tidak bertentangan dengan aqidah dan akhlak seorang muslim hukumnya mubah (boleh), meskipun sebagian ulama juga ada yang mengatakan bahwa itu bid’ah. Dan boleh kita menerimanya asal tidak menyakini semua itu adalah perintah agama.

Dan aku sangat menolak apalagi beliau mengkhawatirkan kalau tidak sesuai dengan hari baik maka nantinya akan sial. Itu yg salah, karena merupakan “kemusrikan”.

Jika ini cobaan untuk bisa meluruskan, aku akan meluruskan terutama kepada bapak emakku sendiri, ketika itu salah maka tdk akan aku laksanakan. Dan semoga aku bisa membawa keluargaku selalu sejalan dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Sehingga ketentraman hati ada pada keluargaku, kebahagiaan dunia dan akhirat. aamiin

Wallahua’lam bisshawaab

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

