Home > Perjalanan > KA Majapahit 93L, Kereta Paling Baik a.k.a Suka Ngalahan

KA Majapahit 93L, Kereta Paling Baik a.k.a Suka Ngalahan

Bismillah..

untuk kedua kalinya saya naik KA Majapahit setelah KA Senja Singosari terhapuskan dengan diganti Ekonomi AC Express Majapahit.
tiket tertanggal 7 oktober 2012, saya berangkat dr srengat-blitar pukul 15.00 untuk menuju Stasiun Kediri, kenapa saya tidak naik dari Stasiun Blitar, padahal srengat kan kabupatennya blitar. hmmm begini critanya :D

Tarif Majapahit PS.Senen-Malang untuk Jumat dan Minggu adalah 275.000
kalo Ps.Senen-Kediri untuk Jumat dan Minggu 220.000, begitu sebaliknya Kediri-PSE 220.000
Jadi perjalanan saya Srengat-Ngantru :5rb naik elf, trus bus HarapanJaya Ngantru-Kediri 4rb
atau Srengat-Kediri langsung naik KawanKita dng tarif 8rb, tp jalannya pelan :)
jadi bisa 220rb+9rb:229rb , lebih irit 45rb yang bisa buat beli makan enak, dll.hehe :D

KA Majapahit 93L Pukul 16.53 Masuk Stasiun Kediri

kembali ke perjalanan….
Kediri–> KA Majapahit berangkat normal dengan jadwal jam 17.00, berangkat dengan kecepatan normal jg, dan sampai di stasiun berikutnya Kertosono tepat waktu juga, lanjut ke Nganjuk dengan jadwal yg tepat jg.
dan ketika dinganjuk ini kereta sudah mempersilahkan KA Gajayana untuk berjalan duluan *poin satu kebaikan majapahit
kemudian setelah sampai disaradan, berhenti menunggu hampir 15 menit memberi jalan KA Sancaka untuk bersilang *poin dua kebaikan majapahit.
berlanjut ke madiun, sampai sekitar jam 19.30, kemudian jalan lancar ke barat berhenti normal di Paron, Walikukun, Sragen. Kemudian berhentilah di Solojebres.
disini Majapahit berhenti lama sekali hampir 30menit, mempersilahkan KA Mutiara Selatan berjalan duluan *poin tiga kebaikan majapahit, kemudian mempersilahkan lagi KA Bima berjalan duluan juga *poin empat kebaikan Majapahit

kemudian saya tertidur hingga semarang tawang, disini majapahit juga berhenti lama hampir 30 menit menunggu KA Argo bromo Anggrek dan mempersilahkan berjalana duluan *poin lima kebaikan majapahit.
dan aku sudah bosen menghitung dan tertidur :D, dan bangun2 sudah di Pekalongan pada jam 02.30 dini hari. disini sdh terhitung terlambar 2 jam. fyuu..

secara umum kereta ini suka jadi bulan-bulanan dibantai, dibuntuti, jd odong-odong dari kereta2 lain, meskipun sekelas bisnis hingga jadi ekonomiAC sekarang ini. tidak seperti KA bisnis dan ekonomiAC lain yang masi bersahabat dan bs koordinasi dengan kereta2 lain sehingga tdk begitu jd kalahan.. dan sungguh KA majapahit 93L ini perjalanan Malang-Pasar Senen sering Babak belur, makanya sangat tidak cocok bagi para pekerja yg paginya masuk pagi dan langsung kerja. dan begitu sampai di Stasiun Jatinegara pada jam 08.10, dan masuk PasarSenen jam 08.35. yang mana jadwal tertera di tiket masuk Pasar Senen jam 06.30

ini perjalanan yg saya alami pada ketika tanggal 7 oktober, beda dengan pada tanggal 30 september lalu yang sama jg naik KA Majapahit 93L ini, tapi masuk Stsiun jatinegara pada jam 06.55, suatu prestasi sendiri KA Majapahit bs masuk jatinegara jam segitu :D

Akhit kata, Majapahit dengan berangkat dr malang jam 13.30, sampai di jakarta yg sdh siang. dan hanya terpaut 30 menit dibelakangnya KA Matarmaja, yang berangkat dr Malang beda 2 jam an. suka angin-anginan. kalo mau nyoba silahkan coba saja, anda akan merasakannya sendiri hehe, saya bercerita apa adanya

Satria Kelana
Jakarta, 10 Oktober 2012

  1. October 11, 2012 at 4:13 pm

    saya kapok lah naik madjaoahit.. mending tampah 100rb naik gajayana..

    • fuadin19
      October 11, 2012 at 4:53 pm

      Memang kalo naik dari tulungagun-blitar hingga malang tiket 275rb tambah 100rb sudah dapat gajayana dengan fasilitas dan ketepatan waktu yg beda jauh :).
      yaa mending naik Gajayana laaaah.

      Pahit memang kalo ke jakarta naik Majapahit :D

    • Edhiw
      January 16, 2013 at 2:53 pm

      Itulah alasan PT KAI memberi nama kereta ini Majapahit. Kalau namanya KA Majamanis pasti ngga sepahit yang penumpang rasakan!!! (Nama menunjukkan, karakternya, Bro!!)

      • January 17, 2013 at 8:43 am

        gitu ya mas broo.. haha
        sebaiknya sebelum meluncurkan suatu produk dilihat duluah keadaan dan animo masyarakat.
        setahu saya, masyarakat lebih memprioritaskan harga dan ketepatan waktu. “:D

  2. October 15, 2012 at 3:57 pm

    waah hampir aja mo nyobain majapahit. ga jd deeh.., ga suka sm yg pait2.. hehee.. tks infonyaa..

    • October 15, 2012 at 4:12 pm

      mengingat ini belum di berlakukannya jalur Double track semarang-cirebon yg baru. mungkin yg katanya KAI lebaran 2013 sdh full double track semarang-jakarta smg nantinya hal2 keterlambatan, salip-menyalip dan silang bs dihindari dan bs tepat waktu :D.

      • adhi
        November 24, 2012 at 12:39 pm

        bagaimana sekarang perkembangan kerata majaphit??thx

      • March 6, 2014 at 12:37 pm

        Mas, untuk pekerja di Jakarta, KA ini cocok, kok, kalau KA yang 105, atau yang ke Jakarta, KA ini sering kecepetan dari jadwal. Justru yang ke malang yang agak nggak beres sekarang, walau telatnya cuma 1-2 menit, tapi KA ini selalu tepat.

    • March 6, 2014 at 12:35 pm

      Dari pengalaman teman saya, Majapahit ternyata sekarang yang paling hebat. Sekarang gantian, Majapahit yang sering menang silang lawan KA di atasnya seperti bisnis dan eksekutif. Atau, KA lain yang mengalah. Majapahit juga sering kecepatan sekarang, jadi, Majaphit ini sekarang resmi jadi Majamanis.

      • March 6, 2014 at 4:44 pm

        memang untuk saat ini ketepatan waktu sangat bagus. krn kan double track sdh hampir semua berjalan. Majapahit yg di blog saya ini terjadi pada jaman dahulu 2012. dan sangat beda dengan kondisi sekarang.

        sekarang KA Majapahit sangat rekomendasi bagi para pekerja. Jos

  3. adhi
    November 24, 2012 at 12:23 pm

    sekarang majapahit enak tidak perjalanannnya gan??

    • November 26, 2012 at 12:42 pm

      kalo saya sdh tdk naik kereta ini sdh sebulanan #kapok. tapi temen saya naik tiap minggu menuju jakarta.
      kalo historynya sbb :
      - tgl 18 nov, sampai jkt senin jam 09.45 (smua kereta memang telat krn gangguan sinyal di cirebon)
      - tgl 25 nov, yg notabene pagi td nyampe jkt. jam 06.42 baru cikampek. jd tinggal tambah 1,5jam sampai jkt. jd sekitar 08.30

      realitanya, pasti di salip KA Gajayana, KA Bima, KA argo Anggrek, dan Sembrani. itulah penyebab kalo Majapahit sering telat masuk jakarta.
      tapi kalo yg ke arah malang, bagus nih kereta.

  4. Abdi
    January 12, 2013 at 10:55 am

    Jangan harapkan double track direalisasikan boss….. Banyak yang menghalangi proyek ini, semua perusahaan otomotif dengan sekuat tenaga menghalangi semua proyek transportasi masal agar jualan mereka (mobil dan motor) tetap laku. Kalau transportasi masal nya sudah nyaman, aman, cepat dan murah, banyak yang pakai transportasi masal. Jualan otomotif mereka jadi macet :-)

  5. wai
    March 14, 2013 at 8:52 am

    sekarang malah susah bro,cari tiketnya berebutan..,
    sudah dapat tiket ,kreta suka telat..,pilihan ada di brantas..
    tp masak nyampe jatinegara mesti jam 2 malem..,(di minta ngronda dulu x ya…:D)

    • March 14, 2013 at 5:11 pm

      sudah gak lagi berebutan gan,lha wong tiket sdh di naikin tanpa subsidi. jd ya makin mikir2 beli ekonomi dengan harga tinggi :D

  6. March 15, 2013 at 10:55 am

    kalo sekarang kondisinya gimana ya? masih sama kah info yang didapat, kebetulan mau PP nih Jakarta – Malang – Jakarta,. thx infonya ya bro.,

    • March 15, 2013 at 2:07 pm

      @prareswara : kalau Majapahit relasi Jakarta-Malang bagus dan konsisten untuk waktunya. akan tetapi yg malang-jakarta masih tetep suka telatan, kalo beruntung bisa jd jam 7 pagi sdh sampai di jakarta. tetapi rata2 masuk jakarta pukul 8-8.30.

      saya dan teman2 yg sering naik Majapahit sdh komplain ke KAI berkali-kali. dan alhasil mulai april KA majapahit dikurangi singgah di beberapa stasiun, sehingga dapat mempercepat waktu tempuh. :)

      • March 15, 2013 at 2:43 pm

        oke,. makasih bro infonya,. semoga aja lagi beruntung pas balik ke jakartanya ya.. hee..

  7. dauf
    April 5, 2013 at 7:06 pm

    Halo kebetulan sy lagi training sama 105 alias majapahit nih..tadi di stasiun nganjuk cuma silangan aja sama sancaka gak sampe 15 menit dan ga di salip ama si gajayana..sy posisi masih stasiun madiun,denger2 solo jebres juga ga berhenti kayaknya..

    • April 5, 2013 at 9:55 pm

      ya kalo jadwal per 1 april 2013 kan beda, KA gajayana dan bima msh jauh di belakang. jd ga mungkin disusul.

      tetapi mungkin di jalur semarang-pekalongan neh yg lama. kalo sering berhenti pasti kena susul sm sembrani dan anggrek mlm.

      oiya tolong infoin ya bsk msk jakarta jam brp, kalo sesuai ditiket jam 5 pagi sdh msk jkt tuh.

      • Bagus
        May 14, 2013 at 3:45 am

        syapa bilang ga disalip gajayana ..ngimpi ini majapahit..saya sudah pernah naek yang GAPEKA baru per 1 april 2013 tepatnya sekitar bulan april lalu juga …masuk jatinegara jam 7.20 ..geblek telat 2 jam lebih … gajayana masuk jatinegara jam 6 lebih dikit …

      • May 15, 2013 at 9:44 am

        kalo secara waktu majapahit memang disalip dititik finish oleh gajayana.
        mungkin yg saya tekankan adalah di jalur malang-solo jebres, si majapahit ini tdk kena susul gajayana.

        akan tetapi di jalur semarang-pekalongan pasti deh jd kalahan dan penyebab telat masuk cirebon+jakarta :) dan hasil akhir pasti menang gajayana. Mutlak itu :D CMIIW

  8. t4tz
    April 29, 2013 at 12:05 pm

    Mau tanya, kalau perjalanan solo dengan kereta ini (Majapahit) kira-kira aman tidak ya? saya baru pertama kali akan naik kereta ini seorang diri. Terima kasih.

    • April 29, 2013 at 12:47 pm

      mulai april 2013 majapahit tdk berhenti di solojebres. jd dr stasiun walikukun langsung semarang tawang.

  9. May 1, 2013 at 10:55 am

    Hi mas, maksud saya kalau perjalanan seorang diri (solo) dengan kereta majapahit ini kira-kira aman tidak ya, apalagi untuk perempuan. Thanks mas :)

    • May 2, 2013 at 9:15 am

      sangat aman, sering ketemu jg para mahasiswa berangkat sendiri juga.

  10. Bagus
    May 14, 2013 at 3:41 am

    walopun sudah dibuat jadwal baru oleh KAI ..tetep saja terlambat, harusnya masuk jatinegara jam 5 , masih aja masuk jatinegara jam 7 lebih ..ini namanya telatnya yang dimajuin yang dulu masuk jatinegara harusnya jam 6.30 tp nyampek aslinya jam 8 lebih … pembodohan masyarakat ini ..saya kapok naik majapahit ..sudah tiketnya mahal dr malang, suka terlamabat .. saya naek ini sudah 4 kali dan selalu terlambat ..kereta bobrok lah…mending cr alternatif laen dr sby…

  11. ahmad tri afandi
    May 14, 2013 at 7:15 am

    wah mantab. Aku terhibur dg blog pean. Lucu.

  12. jemmih
    May 21, 2013 at 10:05 pm

    Memang saya juga pernah merasakannya,,,! Telat sampai 2 jam? Yg biasanya sampai jatinegara pagi ini malah siang,,,gimana nih dari pihak kereta api,,,sampai kapan transportasi di indonesia tidak akan telat sama sekali,,,sedang khan jaman sekarang sudah canggih,,,?

  13. rie
    May 22, 2013 at 5:53 pm

    Waduhh udah pesen tiket majapahit dari madiun baru baca blog ini >.<
    Alasan saya beli tiket majapahit sih:
    -pengin nyobain aja…. biasanya naik brantas,
    -sampai di jkarta udah terang (pagi/siangan) jadi kalo nyambung KRL dah ada…
    Hufff semoga aja gak telat2 banget deh masuk jakarta nya

    • May 27, 2013 at 10:49 am

      gak masalah lah :D.. itu perjalanan yg saya alami dulu tahun 2012.
      mulai april 2013 kan sdh ada gapeka baru. informasi yg sering naik KA majapahit tujuan jakarta range waktu kedatangan adalah 06.00 – 07.30
      pasti telat, cuman segitu range kedatangannya. hehe CMIIW

  14. June 4, 2013 at 3:49 pm

    klo naek taksaka malam pernah ga? itu sering telat juga ga?

    • June 4, 2013 at 3:55 pm

      blm pernah,
      tp pantauan saya kalo kereta wilayah tengah seperti semarang, solo dan jogja secara normal jarang telat keretanya. apalagi eksekutif sekelas taksaka CMIIW.

  15. June 23, 2013 at 6:09 pm

    cikampek berhenti apa gki om ?

    • June 24, 2013 at 8:55 am

      cikampek langsung.
      Majapahit dr Barat berangkat PSE dan berhenti lg Cirebon Prujakan. begitu untuk Majapahit dr Timur, Cirebon prujakan dan langsung berhenti lg Jatinegara

      • joefereday
        July 1, 2013 at 6:04 pm

        Mohon info dong gan, harga tiket sama jadwal Majapahit dari PSE-ML dan sebaliknya. Tks

      • July 2, 2013 at 3:54 am

        Majapahit 106 PSE-Ml Berangkat 15.15, Datang 07.43
        Majapahit 105 ML-PSE Berangkat 13.45, Datang 05.26
        Bisa dicek di tiket.kereta-api.co.id, tiket.com dan tiketkai.com

  16. toreto
    July 4, 2013 at 9:39 pm

    udah terlanjur pesan ni kreta, buat pulang mudik lebaran,,,, >.< , ngalamat bad mod,,,
    gan , lainnya majapahit, yang dari malang lewat semarang apa aja yaa.. ?

    • July 5, 2013 at 8:24 am

      kalo dari malang lewat semarang ya Matarmaja (Malang-Pasar Senen PP via Semarang), kalo lebaran ada juga “Matarmaja Lebaran”. kalo yg start dari kediri ada KA Brantas (Kediri-Pasar Senen PP via Semarang)

  17. Silvia
    July 15, 2013 at 2:04 pm

    Gan… Di Tegal brenti gak sie Majuapahit ini ??? Penesaran pengen coba mau lebaran ke Tegal

    • July 16, 2013 at 7:57 am

      majapahit dari jakarta dan dari malang berhenti semua di tegal. monggo dicoba aja, nyaman dan bersih kok :)

  18. antoni
    July 16, 2013 at 11:31 am

    Mas,utk kereta api ekonomi yg ke Malang skrg apa saja&harga tiketnya berkisar brapa.?

    • July 16, 2013 at 6:54 pm

      ekonomi reguler ada KA Matarmaja, harga tiket 130rb. dari Pasar Senen jam 13.40
      dan mulai 1 september 2013, tiket dpt subsidi dan turun menjadi 65rb.

      • adiet
        July 29, 2013 at 11:37 am

        kalau dare PSE berhenti ga di stasiun kertosono??

      • August 14, 2013 at 9:20 am

        kertosono langsung.
        berhenti normal di nganjuk dan kediri

  19. August 6, 2013 at 1:24 pm

    wah besok berangkat ama kereta ini malang-jakarta moga2 dapet sholat id brsama kluarga d bekasi.

  20. August 22, 2013 at 4:17 pm

    sampean srengat nya di mana mas

  21. August 22, 2013 at 4:17 pm

    podo pdod wong srengat koq ora tau ketemu

    • August 23, 2013 at 7:19 am

      srengat timur pasar, tepatnya kelurahan dandong. :)

  22. alexander
    August 23, 2013 at 1:06 am

    malam, saya seorang mahasiswa.
    saya baru mau coba naik kereta majapahit ini.
    yang ingin saya tanyakan soal kenyamanan sejak dari stasiun sampai tiba di stasiun. yaitu tentang kondisi ac, apa ac tidak nyaman? tempat duduk berebutan atau jauh lebih nyaman dari apa yang saya perkirakan. mohon penjelasannya..

    terimakasih.

    • August 23, 2013 at 7:19 am

      secara umum nyaman dan bersih.
      untuk AC sangat dingin, jd jangan lupa pake kaos kaki dan jaket dobel kalo perlu :D.

      tempat duduk sesuai ditiket, dan dijamin tidak berebutan (dipake orang lain).
      untuk tempat duduk tegak berhadapan, 2-2 (AB – CD)
      bisa dilihat di Galeri KA Majapahit

      smg menjawab
      terima kasih

  23. Priyatno
    August 24, 2013 at 12:27 am

    Oiya mau tanya nih Gan… klo naik kereta majahpahit jurusan kediri di stasiun kedung jati berhenti gk yahh…?? Terima kasih sebelumnya…

    • August 26, 2013 at 8:19 am

      gak berhenti.
      dari semarang tawang – langsung menuju stasiun berikutnya walikukun.

      sekarang tidak ada lagi kereta yg berhenti di kedungjati

  24. dyan
    August 25, 2013 at 7:35 am

    nanya ya mas bro
    kalau bawa anak kecil usia 2th an nyaman nggak ya?

    • August 26, 2013 at 8:34 am

      menurut saya nyaman. pas musim mudik dan balik sering liat anak kecil jg di majapahit.
      lantai agak luas. jd misal si anak kecil tidur dikursi, orang tua bs klesotan dibawah :D.

      jangan lupa bawa selimut dan jaket, soalnya dingin AC nya, terutama bagi anak kecil. :)

  25. ana
    September 30, 2013 at 11:35 am

    Mas mau tanya.. kereta majapahit ini berhenti di stasiun bekasi ga ya pas menuju blitar? Terima kasih

    • September 30, 2013 at 4:25 pm

      tidak berhenti. dari Pasar senen berhenti lagi di Cirebon Prujakan

  26. sonny aditya
    December 17, 2013 at 11:28 pm

    lebih parah lagi 113 Ka Matarmaja sering di buat akal2an ma ka bangunkarta ketika masuk stasiun masaran.trus berhenti di sts solo jebres tunggu sekitar 15 silang dengan ka krakatau dan turangga.ketika msuk stasiun telawa silang dengan ka matarmaja 114.abis itu d stasiun kedung jati silang lagi 2 kereta yaitu ka majapahit sama ka brantas.pkoknya klo naik ka matarmaja dari malang apes deh.msuk jtinegara jam10.30 n msuk psar senen jam 11.00.tamatlah sudah klo naik ka matarmaja mending naik ka gajayana meskipun mahal tpi cepat.

  27. andriani
    January 22, 2014 at 7:38 pm

    kereta api yang dari malang ke jakarta transit semarang… matarmaja,brantas dan majapahit, yang paling nyaman dan aman terbagus nya yang mana…?? info donk

    • January 23, 2014 at 8:14 am

      terbagus dan aman Majapahit.
      sekarang ketepatan waktu semakin baik.
      sampai jatinegara jam 5.30 pagi

  28. February 12, 2014 at 4:35 pm

    Apakah di gerbong restorasi KA Majapahit ada tempat khusus sholat seperti di KA Gajayana? thanks

    • February 17, 2014 at 1:05 pm

      untuk Majapahit di restorasi tidak ada ruangan untuk sholat, krn satu gerbong restorasi ada mesin Genset dan restorasi.

      tetapi pernah jg menggunakan Kereta Makan sperti Gajayana dan ada tempat sholat, tetapi hal ini jarang sekali krn pas ada maintenance gerbong aja mungkin.

  29. riko lubis
    April 15, 2014 at 11:37 am

    mojopahit skarang ok tepat waktu 5.30 sdh di jatinegara kemarin lusa saya mudik malang nyata suuiipp…horas maju trus PT. KAI

    • April 23, 2014 at 9:25 am

      efek sudah full double track semarang jakarta. jadi majapahit sering tepat waktu seperti yg teretera ditiket. :D

  30. riko lubis
    April 15, 2014 at 11:41 am

    klo mo solat dimana pun arah tidak masalah kita kan jd musafir, arah ga jd masalah islam ga pernah mempersulit umat a insya Allah berkah amin (yg penting NIAT a)

    • April 23, 2014 at 9:23 am

      betul, bisa sholat di tempat duduk masing2. tetapi jika ada tempat longgar sebisa mungkin berdiri sperti sholat biasanya.

  31. Onie Nur Zahrowan
    April 23, 2014 at 9:32 am

    Coba cek perubahan jadwal KA per 1 Juni 2014 deh, waktu tempuh KA Majapahit lebih sedikit (14 jam 51 menit) daripada KA Gajayana (15 jam 12 menit), padahal harga tiket lebih murah. Memang cuma jadwal sih, tapi mudah-mudahan sih bener lebih cepet, Hehe..

  1. June 18, 2013 at 4:14 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 160 other followers

%d bloggers like this: